pusat dari makalah-makalah perguruan tinggi semuanya akan dan sudah diposting disini. free copy paste, tapi jangan lupa tinggalkan komentar dan identitas blog (untuk menghargai penulis).
1.Digunakan ketika yang dimaksudkan adalah satu lagi sebagai tambahan dari yang telah disebutkan sebelumnya.[1]
Contoh:The students in this class come from many countries. One of the students is from Mexico. Another student is from Iraq.
2.Dapat juga berarti suatu alternatif disamping kata this/these.[2]
Contoh: I have many magazines. One of the magazines is Tempo. Anothermagazine is Matra. Another is Sarinah.
This File Presented by:
Name: Imam Rahmad B.
NIM: 210910029
Class: TI.A
3.Dapat digunakan untuk menyatakan ukuran waktu, uang dan jarak. Bahkan jika ungkapan-ungkapan ini mengandung kata benda jamak.[3]
Contoh: - I will be here for another three years.
-I need another five dollars.
-We drove another ten milles
4.Karena Another terdiri dari an + other, maka kata ini tidak lagi didahului oleh determiner.[4]
B.THE OTHER(S)
1.Digunakan ketika yang dimaksudkan adalah kedua dari pasangan yang sudah diketahui.[5]
Contoh: I have three magazines. Two are Time and Newsweek. The other magazine is Asiaweek. The other is Asiaweek.
2.Digunakan ketika yang dimaksudkan adalah semua yang tersisa dari jumlah tertentu atau sisa dari kelompok tertentu.[6]
Contoh: I have a three books. Two are mine. The otherbook is yours.
3.Bermakna yangterakhirdalamkelompoktertentudan satu-satunya yang tersisadarisejumlahtertentu yang serupa barangnya.[7]
C.OTHER(S)
1.Digunakan ketika yang dimaksudkan adalah beberapa lagi tambahan pada yang telah disebutkan sebelumnya. Digunakan dengan kata benda jamak.[8]
Contoh: Another friend is from South Sulawesi. Another is from West Nusa Tenggara (NTB). Other friends are from Jakarta. Others are from East Kalimantan.
2.Others merupakan bentuk jamak dari Other hanya dalam fungsi kata benda (kata ganti).[9]
Contoh: Some people like to watch TV at night, while others (= other people) prefer to read a good book.
3.Adjetive (kata sifat) Other (tanpa akhiran –s) dapat digunakan dengan kata benda jamak atau dengan kata ones.[10]
Contoh: - There are other apples in a bowl.
- There are other ones on a plate.
4.Other (berakhiran –s) adalah sebuah kata ganti jamak, tidak digunakan dengan kata benda tunggal.[11]
D.EACH OTHER and ONE ANOTHER
1.Keduanya bermakna mempunyai sebuah hubungan timbal balik.[12]
Contoh: - We send an SMS to each other everyday.
-We send an SMS to one another everyday.
DAFTAR PUSTAKA
Azar, Betty Schrampfer. Fundamental of English Grammar Edisi Dwibahasa, terj. Budijanto. Jakarta: Binarupa Aksara, 1993.
Azar, Betty Schrampfer. Understanding And Using English Grammar. New Jersey: Prentice Hall Regents, 1998.
Frank, Marcella. Modern English, terj. P. Tomasouw. Jakarta: Erlangga, 1990.
Riyanto, Slamet. A Handbook Of English Grammar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008.
[1]Slamet Riyanto, A Handbook Of English Grammar(Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008), 370.
Yaitu zakat yang harus dikeluarkan atas binatang ternak yang dimiliki. Para ulama’ sepakat dalam menentukan jenis dari binatang yang wajib dikeluarkan zakatnya, yaitu: unta, kerbau, sapi, kambing, domba, ayam, burung, ikan.[1]Hewan lainnya seperti kuda, keledai, dan khimar memunculkan perbedaan pendapat dikalangan para ulama’ mengenai wajib atau tidaknya dikeluarkan zakat.[2]Menurut pendapat jumhur ulama’ memandang bahwa tak ada zakat pada kuda, karena kuda sebagai tunggangan, kuda perang, ataupun kuda angkutan itu hanya dipelihara untuk mencukupi kebutuhan pemiliknya,[3]yaitu dipelihara sebagai perhiasan atau digunakan tenaganya.[4]Sedangkan menurut Abu Hanifah bahwa kuda wajib dizakati, karena mengandung sifat subur, berkembang biak dengan jalan diternakkan.[5]
Mengenai dalil diwajibkannya zakat binatang ternak ada pada surat An-Nahl ayat 66, yang berbunyi:T
“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya”. (QS. An-Nahl: 66).
B. Syarat dan Ketentuan Zakat Peternakan
1.Sudah mencapai nishab. Pembagian-pembagian nishabnya adalah sebagai berikut:
1)30-39 ekor, zakatnya 1 ekor sapi jantan atau betina umur 1-2 tahun. Tidak ada tambahan lain hingga banyaknya mencapai 60 ekor.
2)60-69 ekor, zakatnya 2 ekor sapi jantan umur 1-2 tahun.
3)70-79 ekor, zakatnya 2 ekor sapi, 1 ekor betina berumur 2 tahun dan satu ekor jantan berumur 1 tahun.
4)80-89 ekor, zakatnya 2 ekor sapi betina umur 2-3 tahun
5)Selanjutnya setiap bertambah 30 ekor sapi, zakatnya 1 ekor sapi jantan berumur 1 tahun lebih dan setiap bertambah 40 ekor maka zakatnya bertambah 1 ekor sapi betina berumur 2 tahun lebih.
3)200-300 ekor, zakatnya ialah 3 ekor kambing betina.
4)Selanjutnya jika lebih dari 300 ekor, maka setiap 100, dikeluarkan 1 ekor kambing betina.
2.Mencukupi haul ( 1 tahun kepemilikan secara sempurna).
3.Binatang ternak digembalakan. Ulama’ berbeda pendapat lamanya waktu penggembalaan. Menurut Abu Hanifah dan Ahmad, binatang yang digembala dalam sebagian tahun, terhadapnya wajib zakat. Sedangkan menurut Imam Syafi’i, binatang yang wajib zakat adalah binatang yang dikembala sepanjang tahun.[9]
4.Binatang ternak tidak dipakai untuk bekerja.
Kemudian binatang seperti ayam, bebek, ikan yang sifatnya dapat berkembang dan diternakkan menjadi banyak. Mengenai hal ini agak berbeda yaitu nishab yang digunakan bukan pada jumlahnya, namun dihitung berdasarkan skala usaha atau hasil yang diperoleh, dan nishabnya disetarakan dengan nilai 85 gram emas.[10]
DAFTAR PUSTAKA
Maghfiroh, Mamluatul. Zakat. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2007.
Belajar merupakan tugas utama siswa, di samping tugas-tugas yang lain. Keberhasilan dalam belajar bukan hanya diharapkan oleh siswa yang bersangkutan, tetapi juga oleh orang tua, guru, dan juga masyarakat. Tentu saja yang diharapkan bukan hanya berhasil, tetapi berhasil secara optimal. Untuk itu diperlukan persyaratan yang memadai, yaitu persyaratan psikologis, biologis, material, dan lingkungan sosial yang kondusif.
Bila keberhasilan merupakan dambaan setiap orang, maka kegagalan juga dapat terjadi pada setiap orang. Beberapa wujud ketidak berhasilan siswa dalam belajar yaitu : memperoleh nilai jelek untuk sebagian atau seluruh mata pelajaran, tidak naik kelas, putus sekolah (dropout), dan tidak lulus ujian akhir.[1]
Dampak kegagalan belajar salah satunya adalah kurangnya rasa percaya diri. Selain itu masih banyak dampak-dampak yang lain. Dampak tersebut bukan hanya dirasakan oleh yang bersangkutan tetapi juga oleh keluarga dan lembaga pendidikan. Oleh karena itu upaya mencegah atau setidak tidaknya meminimalkan, dan juga memecahkan kesulitan belajar melalui diagnosis kesulitan belajar siswa merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan.
B.Rumusan Masalah
1.Apa Pengertian Diagnosis Kesulitan Belajar?
2.Bagaimana Prosedur Diagnosis Kesulitan Belajar?
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian Diagnosis Kesulitan Belajar
Diagnosis merupakan istilah yang diadopsi dari bidang medis. Menurut Thorndike dan Hagen, diagnosis dapat diartikan sebagai :
a. Upaya atau proses menemukan kelemahan atau penyakit apa yang dialami seseorang dengan melalui pengujian dan studi yang seksama mengenai gejala-gejalanya.
b. Studi yang seksama terhadap fakta tentang suatu hal untuk menemukan karakteristik atau kesalahan-kesalahan dan sebagainya yang esensial.
c. Keputusan yang dicapai setelah dilakukan suatu studi yang saksama atas gejala-gejala atau fakta-fakta tentang suatu hal.[2]
Dari ketiga pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa proses diagnosis bukan hanya sekadar mengidentifikasi jenis dan karakteristik, serta latar belakang dari suatu kelemahan atau penyakit tertentu, melainkan juga mengimplikasikan suatu upaya untuk meramalkan kemungkinan dan menyarankan tindakan pemecahannya.
Bila kegiatan diagnosis diarahkan pada masalah yang terjadi pada belajar, maka disebut sebagai diagnosis kesulitan belajar. Melalui diagnosis kesulitan belajar gejala-gejala yang menunjukkan adanya kesulitan dalam belajar diidentifikasi, dicari faktor-faktor yang menyebabkannya, dan diupayakan jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut.
B.Prosedur Diagnosis Kesulitan Belajar
Diganosis kesulitan belajar merupakan suatu prosedur dalam memecahkan kesulitan belajar. Sebagai prosedur maka diagnosis kesulitan belajar terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara sistematis. Secara umum langkah-langkah pelaksanaan diagnosis kesulitan belajar selaras dengan langkah-langkah pelaksanaan bimbingan belajar.
Menurut Rosss dan Stanley, tahapan-tahapan diagnosis kesulitan belajar adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.
a. Who are the pupils having trouble ? (Siapa siswa yang mengalami gangguan ?)
b. Where are the errors located ? (Di manakah kelemahan-kelemahan tersebut dapat dilokalisasikan ?)
c. Why are the errors occur ?(Mengapa kelemahan-kelemahan itu terjadi ?)
d. What are remedies are suggested? (Penyembuhan apa saja yang disarankan?)
e. How can errors be prevented ? (Bagaimana kelemahan-kelemahan itu dapat dicegah ?) [3]
Pendapat Roos dan Stanley tersebut dapat dioperasionalisasikan dalam memecahkan masalah atau kesulitan belajar siswa dengan tahapan kegiatan sebagai berikut.
a. Mengidentifikasi mahasiswa yang diduga mengalami kesulitan belajar
1) Menganalisis prestasi belajar
Dari segi prestasi belajar, individu dapat dinyatakan mengalami kesulitan bila
a). nilai raport yang bersangkutan lebih rendah dibanding rata-rata klasnya
b). prestasi yang dicapai sekarang lebih rendah dari sebelumnya
c). prestasi yang dicapai berada di bawah kemampuan sebenarnya.
2) Menganalisis periaku yang berhubungan dengan proses belajar.
Analisis perilaku terhadap mahasiswa yang diduga mengalami kesulitan belajar dilakukan dengan :
a)membandingkan perilaku yang bersangkutan dengan perilaku mahasiswa lainnya yang berasal dari tingkat atau kelas yang sama
b)membandingkan perilaku yang bersangkutan dengan perilaku yang diharapkan oleh lembaga pendidikan.
3) Menganalisis hubungan sosial
Intensitas interaksi sosial individu dengan kelompoknya dapat diketahui dengan sosiometri. Dengan sosiometri dapat diketahui individu-individu yang terisolasi dari kelompoknya. Gejala tersebut merupakan salah satu indikator kesulitan belajar.[4]
b. Melokalisasi letak kesulitan belajar
Setelah siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar diidentifikasi, langkah berikutnya adalah menelaah :
1) pada pelajaran apa siswa mengalami kesulitan;
2) pada aspek tujuan pembelajaran yang mana kesulitan terjadi;
3) pada materi yang mana kesulitan terjadi;
4) pada segi-segi proses pembelajaran yang mana kesulitan terjadi.
c. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar
Pada tahap ini semua faktor yang diduga sebagai penyebab kesulitan belajar diusahakan untuk dapat diungkap. Tahap ini oleh para ahli dipandang sebagai tahap yang paling sulit, mengingat penyebab kesulitan belajar itu sangat kompleks, sehingga hal tidak dapat dipahami secara sempurna, meskipun oleh seorang ahli sekalipun [5]
Teknik pengungkapan faktor penyebab kesulita belajar dapat dilakukan dengan :
1) observasi;
2) wawancara;
3) kuesioner;
4) skala sikap,
5) tes;
6) pemeriksaan secara medis.
d. Memperkirakan alternatif pertolongan
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan secara matang pada tahap ini adalah sebagai berikut.
1) Apakah siswa yang mengalami kesulitan belajar tersebut masih mungkin untuk ditolong ?
2) Teknik apa yang tepat untuk pertolongan tersebut ?
3) Kapan dan di mana proses pemberian bantuan tersebut dilaksanakan ?
4) Siapa saja yang terlibat dalam proses pemberian bantuan tersebut ?
5) Berapa lama waktu yang diperlukan untuk kegiatan tersebut ?
e. Menetapkan kemungkinan teknik mengatasi kesulitan belajar
Tahap ini merupakan kegiatan penyusunan rencana yang meliputi : pertama, teknik-teknik yang dipilih untuk mengatasi kesulitan belajar dan kedua, teknik-teknik yang dipilih untuk mencegah agar kesulitan belajar tidak terjadi lagi.
f. Pelaksanaan pemberian pertolongan
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Proses diagnosis bukan hanya sekadar mengidentifikasi jenis dan karakteristik, serta latar belakang dari suatu kelemahan atau penyakit tertentu, melainkan juga mengimplikasikan suatu upaya untuk meramalkan kemungkinan dan menyarankan tindakan pemecahannya. Bila kegiatan diagnosis diarahkan pada masalah yang terjadi pada belajar, maka disebut sebagai diagnosis kesulitan belajar.
Berdasarkan apa yang dipaparkan di atas dapat dinyatakan bahwa diagnosis kesulitan belajar memerlukan perencanaan yang matang, yang memerlukan waktu, tenaga, dan juga biaya. Oleh karena itu diagnosis kesulitan belajar siswa hendaknya menjadi bagian dari program kerja lembaga pendidikan. Bila hal ini dapat terlaksana dengan baik niscaya kesulitan-kesulitan belajar mahasiswa dapat dicegah dan diatasi.
Prosedur kesulitan belajar terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara sistematis sebgai berikut:
a. Mengidentifikasi mahasiswa yang diduga mengalami kesulitan belajar
b. Melokalisasi letak kesulitan belajar
c. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar
d. Memperkirakan alternatif pertolongan
e. Menetapkan kemungkinan teknik mengatasi kesulitan belajar
f. Pelaksanaan pemberian pertolongan
DAFTAR PUSTAKA
Abin, S.M. Psikologi Pendidikan : Perangkat Sistem Pengajaran Modul. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2002)